Panduan Sukses Menyewakan Rumah

key-exchange

Bagi Anda yang memiliki rumah lebih dari satu dan tidak dihuni, menyewakannya memang langkah yang tepat untuk menambah pendapatan Anda. Lebih-lebih bila lokasinya strategis semisal di pusat kota, atau di kawasan industri atau perkantoran.

Agar mendapat penyewa untuk jangka panjang, Anda bisa mengimingi-imingi calon penyewa dengan fasilitas yang menarik. Karena, dalam bisnis penyewaan rumah, akan lebih baik jika si penyewa betah tinggal di rumah Anda untuk jangka panjang.

Kalau si penyewa keluar-masuk rumah Anda dengan cepat (turn over-nya tinggi), maka risiko kerusakan rumah Anda jadi lebih tinggi. Anda akan repot memperbaiki rumah selepas dari satu penyewa ke penyewa yang lain.

Baca juga: Penting Dilakukan Sebelum Melakukan Transaksi Sewa Rumah

Berikut beberapa tips yang dapat Anda simak bagaimana menyewakan rumah yang efektif:

Surat Perjanjian

Surat perjanian merupakan hal penting yang Anda persiapkan. Jika perlu lakukan konsultasi dengan konsultan hukum dalam hal membuat surat perjanjian sewa. Walaupun pada awalnya Anda harus mengeluarkan biaya untuk itu, tapi draft perjanjiannya bisa Anda gunakan secara berulang kali, baik untuk rumah yang sama atau rumah Anda yang lainnya lagi, hanya tinggal menyesuaikannya dengan kebutuhan.

Dalam surat perjanjian tersebut sertakan peraturan-peraturan yang wajib dipatuhi baik oleh Anda sebagai pemilik rumah maupun oleh si penyewa rumah Anda. Peraturan berfungsi untuk mencegah penyalahgunaan rumah Anda yang tidak sesuai dengan surat perjanjian. Selain itu pastikan kedua belah pihak menandatangani peraturan tersebut.

Cantumkan pula exit plan. Ini adalah penjelasan mengenai rencana saat perjanjian sewa-menyewa berakhir yang harus ditulis dan dijelaskan secara gamblang. Hal tersebut termasuk pada saat penyewa terlambat membayar uang sewa, dan hak pemilik rumah sewa untuk melakukan tindakan tertentu.

Perabot Rumah

Jika Anda tidak ingin repot, rumah sewa Anda tak perlu dilengkapi perabot. Selain dana yang Anda harus keluarkan menjadi lebih banyak, tidak semua penyewa akan merawat perabot tersebut. Kalau si penyewa yang menghendaki adanya perabot, maka adakan perjanjian khusus terkait perabot tersebut.

Baca juga: Inilah Tips Menentukan Harga Sewa Rumah (I)

Prioritas Penyewa

Dahulukan penyewa yang merupakan sebuah keluarga daripada non-keluarga. Biasanya menyewakan rumah Anda kepada satu keluarga lebih menguntungkan ketimbang kepada lajang atau mahasiswa. Keluarga biasanya menyewa untuk jangka waktu lebih lama ketimbang lajang atau mahasiswa.

Aturan Main

Perwatan dan kebersihan rumah Anda adalah tanggung jawab bersama antara si penyewa dan Anda sebagi pemilik rumah. Bikin aturan main yang jelas mengenai hal tersebut. Jelaskan mana yang menjadi tanggung jawab Anda dan  mana yang menjadi tanggung jawab penyewa.

Rutin Mengganti Kunci Rumah

Demi keamanan, Anda sebaiknya secara rutin mengganti kunci rumah Anda setiap kali berganti penyewa. Dengan begitu keamanan bagi penyewa baru rumah Anda menjadi lebih baik.

“properties_consultant”

www.sam.agent.co.id

About samgrup

SAM Grup Indonesia| Partner in Real Estate | Properties Consultant | Contractor | Developer | Design Interior| Property News | Products & Services.
This entry was posted in News. Bookmark the permalink.