Mengenal Risiko Investasi Properti di AS

properti-amerika-serikat

Jakarta -Seperti investasi lainnya, investasi properti di negara besar seperti Amerika Serikat (AS) pun menyimpan risiko. Namun dengan mengenali risiko tersebut, potensi kerugian bisa ditekan.

Clara Tan, APAC Operation Director Mt Helix, menyampaikan sejumlah catatan yang bisa dijadikan pegangan para calon investor sebelum benar-benar menanamkan dana investasinya pada sektor investasi di AS. Berikut beberapa risiko yang perlu diketahui sebelum berinvestasi properti di AS:

Risiko pertama, kata dia, adalah risiko mark up alias pemberian harga yang berlebihan atau terlalu tinggi dibanding harga seharusnya.

Mark up harga sering dijumpai. Jadi sangat penting sebelum membeli rumah di AS, tahu terlebih dahulu harga pasarnya. Saat ini harga properti di AS sedang menurun. Kita harus melihat ke situ,” ungkap dia saat berbincang dengandetikFinance, di Jakarta Design Center, Jakarta, Kamis (14/1/2016).

‚ÄéRisiko kedua adalah utang yang tersangkut di unit properti yang akan dibeli. Menurutnya, jangan cepat tergiur dengan iming-iming harga yang lebih murah. Pasalnya, pemilik atau pun penjual rumah di AS seringkali menyembunyikan informasi tentang utang ini.

Utang yang dimaksud, lanjut dia, bisa berupa utang cicilan pembelian unit properti yang bersangkutan, utang pajak, atau pun utang lain yang berkaitan dengan unit properti itu sendiri.

“Kalau beli rumah di AS, kita harus pastikan rumah itu tidak ada debt. Karena kalau beli rumah di AS kita sering menemukan ada pinjaman lain. Setelah rumah dibeli baru ketahuan di situ ada debt yang mau tidak mau kita harus bayar. Makanya kita harus pastikan, harus tanyakan,” sebut dia.

Risiko ketiga, adalah penjualan palsu. Lagi-lagi ia menyarankan, jangan mudah tergiur dengan iming-iming harga yang lebih murah.

“Saya ada teman yang berbicara ke saya 8 tahun lalu. Kamu sangat bodoh, membeli properti ini US$ 54.000. Saya beli yang dekat kamu saja US$ 20.000. Kalau kita pergi ke AS sekarang, dia menangis karena properti dia, sangat cantik waktu ditawarkan. Tapi kalau kita lihat ke lokasi ternyata tidak ada rumah. Hanya tanah saja,” papar dia.

Untuk itu, penting bagi calon investor untuk benar-benar datang ke lokasi dan melihat sendiri fisik unit properti yang akan dibelinya.

About samgrup

SAM Grup Indonesia| Partner in Real Estate | Properties Consultant | Contractor | Developer | Design Interior| Property News | Products & Services.
This entry was posted in News. Bookmark the permalink.