Berapakah Nilai Properti di Seluruh Dunia?

A handout picture released by the Shanghai Pacific Institute for International Strategy on April 14, 2010 and taken on March 28, 2010, shows an aerial night view of Shanghai's new financial district skyline along the Huang Pu river in Shanghai. Shanghai is set to open the World Expo Friday by setting the skies along its riverfront ablaze with fireworks, welcoming the huge showcase of culture and technology with a bang.  RESTRICTED TO EDITORIAL USE  AFP PHOTO/SHANGHAI PACIFIC INSTITUTE FOR INTERNATIONAL STRATEGY/HO (Photo credit should read SHANGHAI PACIFIC INSTITUTE/AFP/Getty Images)

Sebuah penyedia jasa real estat dunia yang berbasis di London, Savills telah melakukan sebuah penelitian terhadap nilai seluruh properti dunia, termasuk properti komersial dan residensial serta kehutanan dan lahan pertanian.

Dilansir dari laman Telegraph, total nilai real estate dunia mencapai USD217 triliun atau setara Rp3.002.195 triliun (mengacu kurs Rp13.835 per USD) pada 2015 atau setara lebih dari 12 kali PDB AS, atau 21 kali PDB China.

Perlu diperhatikan, penelitian ini tidak termasuk properti komersial yang tidak resmi tercatat, seperti toko, bengkel dan tempat usaha kecil lainnya.

Berdasarkan data yang telah tercatat, dunia memiliki aset real estat yang hampir tiga kali pendapatan tahunan, yakni 2,7 kali PDB. Properti menggambarkan 60 persen dari total aset global utama, yang juga mencakup ekuitas global diperdagangkan dan utang sekuritas.

Tak hanya PDB, angka ini juga setara dengan 36 kali nilai total semua emas yang pernah ditambang (sekitar USD6 triliun), 2,3 kali nilai utang sekuritas (USD94 triliun), dan 3,9 kali nilai total ekuitas (USD55 triliun).

Industri properti memang penting untuk pertumbuhan ekonomi, terutama bagi pasar negara berkembang, ini bukan bagian dari pasar properti global, yang dihitung di sini. Ini adalah pertama kalinya bahwa nilai tersebut telah dihitung.

Yolande Barnes, kepala penelitian dunia Savills mengatakan nilai real estat global melebihi nilai gabungan total semua saham yang diperdagangkan secara global ditambah instrumen utang sekuritas -kelebihannya hampir sepertiga dari nilai total saham itu sendiri-. Angka ini menegaskan pentingnya peran real estat dalam perekonomian dunia.

“Real estat adalah aset kelas unggulan yang akan paling terpengaruh oleh kondisi moneter global dan aktivitas investasi dan yang pada gilirannya, memiliki kekuatan untuk menjadi yang paling mempengaruhi ekonomi nasional dan internasional,” katanya.

Savills memperkirakan bahwa hampir sepertiga dari nilai pasar real estat global siap diperdagangkan dan sisanya, sekitar USD145 triliun, tidak diperjual-belikan namun dikuasai oleh entitas kecil dan pemilik sekaligus pengguna.

Selain itu, laporan ini juga memperkirakan tingkat pertumbuhan harga properti global akan naik sekira 1,77 persen per tahun. Perhitungan ini didapat dengan mengamati nilai pertumbuhan saham yang potensial, yaitu properti yang diperdangkan di atas harga 10 juta Dolar AS.

About samgrup

SAM Grup Indonesia| Partner in Real Estate | Properties Consultant | Contractor | Developer | Design Interior| Property News | Products & Services.
This entry was posted in News. Bookmark the permalink.